Halaman

Subscribe:

Statistik


  • punk

    Sekali berarti setelah itu mati punk"....

  • :D

    Hidup adalah pilihan, menjalaninya adalah kewajiban...

  • :P

    Harta adalah apa yang di makan sampai kenyang.,yang di pakai sampai lapuk dan yang di sumbangkan kepada orang lain.,mahluk yang paling mulia di dunia ini adalah manusia.,bagian tubuh manusia yang mulia yang paling mulia adalah hati"... (Imam Ghazali)

Minggu, 16 September 2012

Komputer Grafik


KOMPUTER GRAFIK
 
Grafik komputer adalah sebuah tampilan dalam komputer yang berfungsi untuk menghasilkan citra di dalam tampilan tersebut. Bagian dalam grafik komputer seperti gambar, animasi dan lain nya. Di dalam implementasi nya, grafik komputer di gunakan untuk menciptakan suatu animasi, melihat penghasilan gambar, alat-alat medik dan lainnya.
Semua pemrosesan yang di lakukan oleh grafik komputer tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa ada pengolahan citra. Dengan pemrosesan citra menggunakan komputer, akan menghasilkan suatu citra yang sangat baik.
Dengan pengolahan citra, dapat juga menghasilkan suatu animasi. Dengan animasi kita dapat membuat suatu film, game online ataupun offline,dan lainnya. Semakin tinggi grafik komputer yang kita gunakan, semakin
tinggi juga detail animasi ataupun gambar yang dihasilkannya.
Kesimpulannya adalah grafik komputer dengan pengolahan citra itu mempunyai keterkaitan yang sangat kuat satu sama lainnya. Dengan grafik komputer kita dapat menghasilkan suatu gambar ataupun animasi. Tapi, tanpa ada nya pengolahan citra grafik komputer tidak dapat berjalan optimal. Dengan kata lain, grafik komputer adalah suatu perangkat keras untuk menunjang kinerja komputer. Sedangkan pengolahan citra adalah wadah untuk menghasilkan suatu citra sehingga dapat mengoptimalkan kinerja grafik komputer. Jadi menurut saya, Grafik komputer itu adalah hardware, dan pengolahan citra adalah software.

PERANAN/KEDUDUKAN DI ILMU KOMPUTER

Komputer grafik merupakan metode utama penyampaian informasi dari computer ke manusia (human). Komputer grafik banyak memerankan peran antara lain :
1.       Entertainment – animasi komputer-film : menghidupkan objek-objek untuk tujuan visualisasi proses, visualisasi pada simulator, visualisasi fenomena alam. Pada pembuatan film, komputer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi dan editing. Sebelum dilakukan pengambilan gambar dengan kamera, dibuat model pemeran dalam cerita, kemudian divisualisasi untuk gerakan yang sulit dilakukan.
2.        Computer Art Seniman menggunakan berbagai macam perangkat lunak grafik, dan kadang juga dilengkapi dengan hardware khusus. Computer Art terdiri dari : Commercial Art dan Fine Art. Aplikasi commercial art dapat dilihat pada dekstop publishing, advertising, desain tekstil, dsb. Perangkat lunak yang digunakan antara lain adalah : CorelDraw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator. Sedangkan aplikasi fine art dapat dilihat pada penggunaan perangkat lunak grafis untuk pembuatan bermacam gambar sesuai dengan gagasan dan imajinasi yang membuat. Biasanya menggunakan Draw Program dan Paint Program.
3.       Game Permainan merupakan produk yang sangat disenangi, bukan hanya oleh anak-anak tetapi orang dewasa juga menyukainya. Berbagai game dimainan di komputer, video player dengan monitor TV, dan ada pula yang menggunakan perangkat khusus. Alat input interaktif seperti mouse dan joystick diperlukan untuk aplikasi game. Game dibuat untuk penggunaan komputer PC maupun komputer dengan perangkat khusus.
Dalam pembuatan grafik
seperti kegunaan diatas, butuh software yang telah banyak membantu dalam pembuatannya seperti :
1.       Autodesk Maya
2.       openGL (open Graphic Library)
3.       3DS Max
4.       Blender
5.       Autocad
6.       Adobe Photoshop
7.       Coreldraw
8.       Adobe Freehand
9.       Adobe Illustrator

0 komentar:

Posting Komentar