KOMPUTER
GRAFIK
Grafik komputer adalah sebuah tampilan dalam komputer yang berfungsi
untuk menghasilkan citra di dalam tampilan tersebut. Bagian dalam grafik
komputer seperti gambar, animasi dan lain nya. Di dalam implementasi nya,
grafik komputer di gunakan untuk menciptakan suatu animasi, melihat penghasilan
gambar, alat-alat medik dan lainnya.
Semua pemrosesan yang di lakukan oleh grafik komputer tidak dapat
berjalan sebagaimana mestinya tanpa ada pengolahan citra. Dengan pemrosesan
citra menggunakan komputer, akan menghasilkan suatu citra yang sangat baik.
Dengan pengolahan citra, dapat juga menghasilkan suatu animasi. Dengan animasi kita dapat membuat suatu film, game online ataupun offline,dan lainnya. Semakin tinggi grafik komputer yang kita gunakan, semakin
tinggi juga detail animasi ataupun gambar yang dihasilkannya.
Dengan pengolahan citra, dapat juga menghasilkan suatu animasi. Dengan animasi kita dapat membuat suatu film, game online ataupun offline,dan lainnya. Semakin tinggi grafik komputer yang kita gunakan, semakin
tinggi juga detail animasi ataupun gambar yang dihasilkannya.
Kesimpulannya adalah grafik komputer dengan pengolahan citra itu
mempunyai keterkaitan yang sangat kuat satu sama lainnya. Dengan grafik
komputer kita dapat menghasilkan suatu gambar ataupun animasi. Tapi, tanpa ada
nya pengolahan citra grafik komputer tidak dapat berjalan optimal. Dengan kata
lain, grafik komputer adalah suatu perangkat keras untuk menunjang kinerja
komputer. Sedangkan pengolahan citra adalah wadah untuk menghasilkan suatu
citra sehingga dapat mengoptimalkan kinerja grafik komputer. Jadi menurut saya,
Grafik komputer itu adalah hardware, dan pengolahan citra adalah software.
PERANAN/KEDUDUKAN DI ILMU KOMPUTER
Komputer grafik merupakan metode utama penyampaian informasi dari
computer ke manusia (human). Komputer grafik banyak memerankan peran antara
lain :
1.
Entertainment – animasi komputer-film :
menghidupkan objek-objek untuk tujuan visualisasi proses, visualisasi pada
simulator, visualisasi fenomena alam. Pada pembuatan film, komputer banyak
digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi dan editing. Sebelum
dilakukan pengambilan gambar dengan kamera, dibuat model pemeran dalam cerita,
kemudian divisualisasi untuk gerakan yang sulit dilakukan.
2.
Computer
Art Seniman menggunakan berbagai macam perangkat lunak grafik, dan kadang juga
dilengkapi dengan hardware khusus. Computer Art terdiri dari : Commercial Art
dan Fine Art. Aplikasi commercial art dapat dilihat pada dekstop publishing,
advertising, desain tekstil, dsb. Perangkat lunak yang digunakan antara lain
adalah : CorelDraw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator. Sedangkan
aplikasi fine art dapat dilihat pada penggunaan perangkat lunak grafis untuk
pembuatan bermacam gambar sesuai dengan gagasan dan imajinasi yang membuat.
Biasanya menggunakan Draw Program dan Paint Program.
3.
Game Permainan merupakan produk yang sangat
disenangi, bukan hanya oleh anak-anak tetapi orang dewasa juga menyukainya.
Berbagai game dimainan di komputer, video player dengan monitor TV, dan ada
pula yang menggunakan perangkat khusus. Alat input interaktif seperti mouse dan
joystick diperlukan untuk aplikasi game. Game dibuat untuk penggunaan komputer
PC maupun komputer dengan perangkat khusus.
Dalam pembuatan grafik
seperti kegunaan diatas, butuh software yang
telah banyak membantu dalam pembuatannya seperti :
1.
Autodesk Maya
2.
openGL (open Graphic Library)
3.
3DS Max
4.
Blender
5.
Autocad
6.
Adobe Photoshop
7.
Coreldraw
8.
Adobe Freehand
9.
Adobe Illustrator
0 komentar:
Posting Komentar